Kamis, 21 Januari 2010

Bakti Sosial JF, Khitankan 30 Anak

UKM Jamaah Masjid AR Fahruddin (JF) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), menggelar bakti sosial bertajuk “Khitanan For Children” (KFC), Sabtu, (17/1). Sebanyak 30 anak dari daerah sekitar UMM dan panti asuhan menjadi peserta sunatan masal bertema “Akulah Sang Jagoan” itu. Mereka adalah anak-anak berusia sekitar 6 hingga 15 tahun.

Ketua Pelaksana, Muhammad Zainal Arifin, menuturkan KFC diharapkan dapat membangun kepekaaan sosial serta menjalin ukhuwah dengan masyarakat sekitar. Bila sebelumnya, UKM yang berkantor di masjid lantai 2 ini menggelar seminar sebagai salah satu kegiatan besar, kali ini mereka sengaja menggelar bakti sosial. “Sekitar tiga bulan kami persiapkan acara ini, dan alhamdulilah semua berjalan lancar. Semoga tahun depan, kami bisa menggelar acara yang lebih besar,”ungkapnya optimis.

Sebelum dikhitan, di hadapan anak-anak diberikan hiburan untuk meredakan ketegangan. Maklum saja, ekspresi mereka ketika menunggu dikhitan ada menunjukkan ketakutan dan deg-degan. Panitia sengaja membuat suasana menjadi segar dengan dekorasi yang semarak dan game-game khas anak-anak. Usai dikhitan, mereka juga memperoleh bingkisan dari panitia sebagai hiburan.

Kabag Kesejahteraan Sosial Kab Malang, Supri Hadiyonono, yang membuka acara juga terkesan dengan acara ini. Menurutnya, acara yang digalang mahasiswa ini merupakan wujud kepedulian sosial mahasiswa. Untuk itu pihaknya terus mendorong agar mahasiswa tak pernah berhenti menjadi agent of change melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti ini.

“Mahasiswa harus menjalankan peran moral dan peran sosial, yakni memberi keteladanan serta mengasah kepekaan sosial dan solidaritas. Mahasiswa haruslah dinamis dan kreatif memberikan peran diri di masyarakat, menjadi motor penggerak tanpa batas,” ujar Supri.

Acara ini disaksikan Kepala Biro Kemahasiswaan UMM, Athok Miftahulhuda, Pembina JF, Taufik MAg, Pimpinan Aisyiah Kota Malang, serta orang tua wali anak yang dikhitan. Sedangkan tim dokter yang mengkhitan adalah tim dari Fakultas Kedokteran UMM. (rka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar