Jumat, 19 Februari 2010

UMM meraih Penghargaan Anugerah Kampus Unggul 2010

Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dr. Muhadjir Effendy, MAP menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) 2010 dari Kopertis wilayah VII (Jawa Timur), Sabtu (13/2). Ini adalah kali yang ketiga UMM menerima penghargaan terbaik untuk kampus swasta se-Jawa Timur itu. Sebelumnya UMM juga menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) yang sama pada Tahun 2008 dan 2009.

Hal tersebut dipublish Menurut berita yang dirilis website www.umm.ac.id dengan tema “Mendiknas Serahkan Tropi AKU kepada Rektor UMM”(17/02/2010), acara ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan Nasional sekaligus melakukan Penyerahan penghargaan yang dilakukan Mendiknas, Prof. Dr. M. Nuh, DEA, di tengah-tengah Rapat Pimpinan PTS Se-Jatim di Kopertis VII. Didampingi Koordinator Kopertis, Prof. Dr. Sugijanto, MS, Apt, rektor menerima ucapan selamat dari pimpinan PTS yang hadir sebagai peserta Rakerpim.

Sementara itu, Drs. Mursidi, MM, selaku Pembantu Rektor II UMM, menyatakan bangga dengan pencapaian prestasi ini. Namun demikian, pihaknya mengaku posisi ini menjadi tantangan besar karena harus mempertahankannya di masa mendatang. Ujar Mursidi
Kemudian, Mursidi mengungkapkan, sebagai PTS, di tengah-tengah ketatnya persaingan imej antara PTS dan PTN, masyarakat masih sering menganggap PTS sebagai universitas kelas dua. Padahal, berdasarkan pengakuan publik melalui berbagai survei dan kontrol akreditasi tak jarang PTS memiliki keunggulan yang lebih dibanding PTN. Namun demikian, pihaknya yakin karena masyarakat semakin cerdas, maka imej itu lambat laun juga akan hilang. ”PTS harus membuktikan bahwa dia memang unggul.” lanjutnya.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, penilaian AKU didasarkan pada tiga kriteria pokok, yakni keunggulan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, tata kelola dan kemahasiswaan. Di ketiga kategori itu, UMM memperoleh nilai tertinggi.

UMM berada pada posisi urutan teratas di antara lima universitas yang menerima AKU. Empat di bawahnya adalah Universitas Kristen Petra Surabaya, Universitas Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dan Universitas Widyagama Malang.(Fan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar