Minggu, 07 Februari 2010

976 Sekolah di Kota Malang, Adu Cerdas

Kota Malang kembali menjadi tuan rumah even pendidikan tingkat nasional. Setelah Olimpiade Madrasah tingkat nasional di Unisma akhir 2009 lalu, Sabtu hari ini (6/2), even bertajuk National Olympiad and International Conference (Olycon) 2010 memilih Kota Malang, tepatnya di UMM Dome, sebagai lokasi acara.

Olimpiade ini diikuti 976 sekolah (SD-SMA/SMK) se-Indonesia di bawah naungan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah. ''Tahun ini sudah masuk tahun kelima olimpiade ini,'' jelas Dr Biyanto MAg, sekretaris Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah Jatim, yang juga ketua pelaksana Olycon ke-5 ini.

Biyanto mengatakan, Olycon ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap kreativitas dan keilmuan sekolah-sekolah di lingkungan majelis dikdasmen. Kendati begitu, dalam Olycon ini ada juga sekolah yang bukan di bawah naungan majelis dikdasmen Muhammadiyah.

''Ada juga sekolah dari Ma'arif yang kami undang. Karena prinsipnya Olycon adalah ajang untuk mencari bibit-bibit unggul generasi bangsa dalam bidang keilmuan,'' tandas Biyanto.

Dalam olimpiade ini, sekitar 1.200 siswa dari 976 sekolah akan berlomba menjadi yang terbaik di bidang matematika, fisika, sains, ekonomi dan akuntansi. Ada juga olimpiade Islam dan Kemuhammadiyahan (Ismu) dalam dua bahasa, Inggris dan Arab.

Tak cuma itu, selain peserta bergulat dengan soal-soal olimpiade standar internasional, ada juga lomba futsal. ''Pokoknya dijamin ramai dan sarat dengan ajang kompetisi keilmuan,'' tambahnya.

Siapa yang jadi kandidat juara olimpiade? Biyanto mengatakan, tahun ini sulit memprediksi siapa yang akan mendapat piala Mendiknas sebagai juara umum. ''Semua sekolah mengirim siswa terbaiknya. Jadi sulit memprediksi.''

Tahun lalu, juara Olycon diraih SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (kategori SMA), SMP Muhammadiyah 2 Sendang, Lamongan (kategori SMP), dan SD Muhammadiyah II Gresik (kategori SD).

Selain olimpiade, sekitar 600 guru juga mengikuti konferensi internasional. Dalam konferensi ini para guru akan mendapat materi pendidikan yang teranyar dari sejumlah pakar pendidikan dalam dan luar negeri.

Sementara, Olycon 5 ini sendiri akan dibuka Ketua PP Muhammadiyah Prof Din Syamsudin. Hadir juga Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dalam prosesi pembukaan yang akan dimulai pukul 07.30 ini.

Sumber:
Jawa Pos
www dot jawapos dot co dot id /radar/index.php?act=detail&rid=141625

Tidak ada komentar:

Posting Komentar